Bertanggung jawab terhadap lingkungan sendiri. |
Kembali kami lanjutkan indikator kemampuan anak, berikut ini adalah indikator kemampuan "Sosial Emosional" anak-anak dalam kelompok usia :
1. Lahir – 1 Tahun
·
Mengamati
mainan gantungan
·
Melakukan
permainan “teether” (gigitan) dan “squezing toys” (bersuara, plastik)
· Pemberian
makanan padat dengan jadwal teratur
2. > 1 Tahun – 2 Tahun
·
Pemberian
makanan padat dengan jadwal teratur
·
Memberikan
mainan bila diminta
· Mengatakan
jika ingin buang air, berlatih menggunakan toilet
3. > 2 Tahun – 3 Tahun
·
Mengenal
etiket makan dan jadwal makan teratur
·
Mulai
dapat “berbagi”
·
Mulai
mahir menggunakan toilet (WC), dibantu/ diingatkan
·
Dapat
ditinggalkan oleh orang tuanya
·
Dapat
memilih kegiatan sendiri
·
Menunjukkan
ekspresi wajah saat marah, sedih, takut, dsb
·
Menjadi
pendengar yang baik
· Latihan
membereskan alat permainan
·
Mengenal
etiket makan dan jadwal makan teratur
·
Mulai
dapat “berbagi”
·
Terbiasa
menggunakan toilet (WC)
·
Tidak
menangis jika berpisah dengan orang tuanya
·
Dapat
memilih kegiatan sendiri
·
Menunjukkan
ekspresi wajah saat marah, sedih, takut, dsb
·
Menjadi
pendengar & pembicara yang baik
·
Membereskan
mainan selesai bermain
·
Sabar
menunggu giliran dan terbiasa antri
·
Mengenal
peraturan dan pengikuti peraturan
·
Mengerti
akibat jika melakukan kesalahan / melanggar aturan
· Memiliki
kebiasaan teratur
5. > 4 Tahun – 5 Tahun
·
Mematuhi
etiket makan dan jadwal makan teratur
·
Tidak
mengganggu teman dengan sengaja
·
Terbiasa
menggunakan toilet (WC)
Berani berangkat ke tempat belajar tanpa
diantar
·
Dapat
memilih kegiatan sendiri
·
Menunjukkan
ekspresi wajah saat marah, sedih, takut, dsb
·
Menjadi
pendengar & pembicara yang baik
·
Mengembalikan
alat/benda pada tempatnya semula
·
Sabar
menunggu giliran dan terbiasa antri
·
Mulai
mengerti aturan main dalam game/ permainan
·
Mengerti
akibat jika melakukan kesalahan / melanggar aturan
·
Memiliki
kebiasaan teratur
·
Menjaga
kerapian diri (dibantu)
·
Bisa
memimpin kelompok kecil (2-5 anak)
· Dapat
memecahkan masalah sederhana
6. 5 Tahun – 6 Tahun
·
Mematuhi
etiket makan dan jadwal makan teratur
·
Bermain
bersama dan bergantian menggunalan alat mainan
·
Terbiasa
menggunakan toilet (WC)
·
Berani
berangkat ke tempat belajar tanpa diantar
·
Dapat
memilih kegiatan sendiri
·
Menunjukkan
ekspresi wajah saat marah, sedih, takut, dsb
·
Menjadi
pendengar & pembicara yang baik
·
Tertib
menggunakan alat/benda, sesuai dengan fungsinya
·
Sabar
menunggu giliran dan terbiasa antri
·
Mengerti
aturan main dalam bermain bersama
·
Mengerti
akibat jika melakukan kesalahan / melanggar aturan
·
Memiliki
kebiasaan teratur
·
Menjaga
kerapian diri (berdandan sendiri)
·
Bisa
memimpin kelompok kecil (5-10 anak)
·
Dapat
memecahkan masalah sederhana
· Mengetahui
hak dan kewajibanBerkenalan dengan sesama teman baru. |
Menjaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya. |
Membiasakan antri sejak dini. |
Suka berbagi dengan sesama. |
telah hadir di kecamatan mungka khusus nya di jopang manganti,penyedia bibit gurame soang.http://www.indojayapersada.ga/2017/06/cvindo-jaya-persada-farm-hadir-untuk.html?m=1
ReplyDelete